Menguji Smartphone Vivo V21 5G

Vivo V21 5G

topmetro.news – Beberapa waktu lalu, Vivo secara resmi sudah meluncurkan produk andalan terbarunya bernama V21 5G. Smartphone dengan banderol dengan harga sekitar Rp5 jutaan itu muncul tak lama sebelum jaringan 5G mulai uji coba di sejumlah wilayah Indonesia.

Salah satu varian warna pada V21 5G adalah Sunset Dazzel. Warna lainnya adalah Dusk Blue. Yang akan menjalani pengujian adalah varian dengan warna Sunset Dazzel.

Desain V21 5G

V21 5G memiliki dimensi 159,68×73,90×7,39mm dan berat 177 g. Meski besar secara dimensi, ponsel itu masih terbilang nyaman dan ringan dalam genggaman.

Sedangkan layar, V21 5G menggunakan AMOLED berukuran 6,44 inci dengan resolusi 2404×1080 (FHD+) dan layar sentuh Capacitive multi-touch. Warna dari layar ponsel ini terbilang sangat baik untuk menyaksikan berbagai konten, misalnya di YouTube.

Terdapat notch atau poni di dalam layar bagian atas, tempat kamera depan berada. Namun, desain itu merupakan hal yang wajar mengingat teknologi kamera depan yang menjadi salah satu andalan V21.

Di bagian bawah terdapat sebuah sepaker mono dan tempat simcard. Menariknya, tidak ada port jack untuk mencolok kabel headset. Sehingga butuh earphone jack adapter atau menggunakan earbuds wireless. Di sisi kanan ponsel terdapat tombol pengaturan volume dan power.

Berkat dukungan teknologi E3 AOLE Display, V21 5G juga memiliki teknologi fingerprint di dalam layar.

Menuju bagian belakang, V21 5G menghadrikan desain dual tone step mirip ponsel Vivo premium yang berharga di atas Rp8 juta. Terdapat pula tempat bagi tiga buah kamera dan sebuah flash berbentuk persegi panjang.

Kamera

Kamera adalah bagian yang paling menyita perhatian dari V21 5G. Di bagian belakang, ponsel itu memiliki tiga buah kamera. Yakni kamera utama 64MP OIS, 8 MP (super wide-angle), dan 2 MP (super makro).

OIS atau Optical Image Stabilization adalah teknologi stabilisasi gambar optik untuk mengurangi gambar menjadi buram akibat gerakan. Terutama saat merekam video.

Benar saja, hasil pengujian menunjukkan video yang minim getaran. Sehingga, objek dalam video tampak terus fokus selama perekaman.

Sedangkan untuk foto, gambarnya juga sangat detil. Warna tampak terlihat sangat jernih meski dynamic range sesekali tidak konsisten. Terutama ketika di bawah terik matahari.

Untuk penggunaan pada malam hari, hasil gambarnya juga sangat baik untuk di kelasnya. Warnanya tampak cukup alami terang meski minim pencahayaan.

Di bagian depan, ponsel itu memiliki kamere 44MP OIS dengan fitur Super Night Selfie. Untuk selfie pada malam hari, gambar yang muncul pun tampak terang dan jernih meski tetap ada sedikit noise.

Hasil gambar juga bisa semakin terang ketika menggunakan dual selfie spothlight yang juga terletak di antara kamera depan.

BACA JUGA | Bukan Vivo dan Oppo, Ternyata ini Ancaman Terbesar Samsung

Performa dan Baterai

V21 5G telah menggunakan chipset Dimensity 800U dan menjadi yang pertama di Indonesia. Ponsel itu juga memiliki RAM 8GB, serta extended RAM sebesar 3GB. Sedangkan penyimpanannya sebesar 128GB. Kedua slot ponsel itu juga mendukung 5G.

Saat bermain PUBG, V21 5G bisa Anda gunakan hingga kualitas gambar HD. Sedangkan ketika bermain Mobile Legend, V21 5G juga terbilang lancar.

Dari sisi ketahanan baterai, V21 5G terbilang sangat memuaskan mesi hanya berkapasitas 4.000 mAh. Pasalnya, untuk mermain PUBG selama 30 menit hanya menghabiskan baterai tidak lebih dari 8 persen.

Sedangkan untuk berselancar di sejumlah media sosial seperti Instagram hingga TikTok selama 60 menit hanya menghabiskan baterai sebanyak 10 persen.

Pengisian baterai ponsel juga terbilang sangat cepat.

Dalam waktu 30 menit, baterai ponsel bisa terisi hingga hampir 70 persen. Kemampuan itu nampaknya tak lepas dari dukungan fitur fast charging 33W (11V/3A).

Selain fitur itu, daya tahan baterai yang baik itu juga imbas dari fitur Smart Switch yang secara otomatis bisa menentukan apakah menggunakan screen refresh rate 60Hz atau 90Hz ketika sedang digunakan.

Hal lain yang menarik dari V21 5G adalah kemampuan dalam menahan panas. Saat bermain game, menonton video, hingga berselancar di medsos, sama sekali tidak ada panas berlebih.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, V21 5G bisa menjadi pilihan untuk ponsel dengan kamera hebat dan performa mumpuni. Ponsel itu juga menawarkan banyak fitur menarik di dalamnya, mulai untuk fotografi hingga bermain game.

Kelebihan

  • 5G
  • Kamera besar dengan fitur OIS
  • Memiliki NFC
  • Tidak mudah panas
  • Baterai awet dan cepat terisi
  • Screen Touch ID

Kekurangan

  • Dimensi agak besar
  • Warna agak mencolok

sumber | CNN Indonesia

Related posts

Leave a Comment